Rabu, 23 Juni 2010

Toko Berkat

Tahukah kau, ternyata pekerjaan berdagang alat-alat rumah tangga adalah pekerjaan yang sangat lucu. Begitu banyak kelucuan yang terjadi setiap hari kalau kau memperhatikannya.

Barang-barang yang dijual saja lucu-lucu. Pernahkah kau melihat alat penangkap nyamuk yang berbentu kodok 'calangap'? Cara kerjanya, lubang hidung si kodok mengeluarkan gelombang suara dengan frekuensi nyamuk untuk menarik perhatian nyamuk, lalu di dalam mulut si kodok ada sinar kebiruan yang katanya efeknya akan rada menghipnotis dan mengundang nyamuk, begitu nyamuk bodoh yang tertipu itu mendekat, di perut kodok ternyata ada kipas penyedot, dan si nyamuk pun terperangkap di dalam, ha ha ha!

Atau pernahkah kau melihat sikat belok? Sikat belok adalah sikat yang ujungnya melengkung pada bagian bulunya, digunakan untuk menyikat sudut kamar mandi, bak, wajan, bahkan ada juga yang membelinya untuk menyikat motor. Bentuk sikat ini bermacam-macam, ada yang polos, ada yang gagangnya berbentuk tangan, bahkan ada yang berbentuk ikan paus, ekornya di ujung gagang dan bulunya adalah gigi si ikan paus. Ikan paus bergigi gondrong! Hi hi hi hi!

Ada pula berbagai pernak-pernik kecil yang ajaib, seperti benda entah apa yang ujungnya keriting, ternyata untuk kerok balewah! Atau gunting sakti yang bisa dipakai untuk mengupas kentang, membuka tutup kaleng, membuka tutup botol, menyisik ikan, memotong ayam, dan membuka kulit kenari. Wawww!

Belum lagi tutup botol kecap dari karet yang berwarna-warni. Semua anak kecil yang melihatnya di dalam stoples akan bertanya pada ayah atau ibunya yang sedang berbelanja ,"Mah, itu apa?" Kebanyakan dari mereka akan berkata ,"Ngga tau!" dengan tidak sabar, hanya 1 dari 10 orang yang mengetahui itu adalah tutup botol, sedangkan sisanya akan menjawab asal dan ngarang.
Sekali, seorang bapak-bapak berkeras bahwa itu adalah tutup botol aqua supaya tidak bocor, dan ia memaksakan tutup karet itu ke dalam botol aquanya. Saya sampai khawatir tutup botol itu akan sobek ,"Pa, ngga cukup pa... Pa, ngga cukup..." tapi tidak digubris, sampai untunglah akhirnya dia menyerah juga "Ahh, ngga bisa!" ujarnya ketus sambil melempar tutup itu ke stoplesnya. Ih udah dibilangin juga!
Lain lagi sama Chris anakku, tutup botol yang memang vakum itu selalu dijepitkan ke muka pengasuhnya, ke muka papanya, ke muka mamanya, ke muka semua pegawai toko, tapi dia sendiri paling anti mukanya dijepit, soalnya nyabutnya sakit!

Itu baru barangnya, belum lagi yang belinya, kadang lebih aneh lagi. Tahukah kau, ternyata banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa wajan = katel = kuali. Kadang konsumen dan karyawan berdebat dulu 10 menit soal istilah katel sama wajan. Ck ck ck!
Terus istilah kettle = teko juga sering jadi bodor. Si Alim karyawanku bertanya ,"Ci, kettle Maspion 24 berapa?" Si ibu langsung menukas dengan galak, "Salah!! Teko ci, lain katel! Kumaha si ujang mah?"

Kadang ada konsumen yang nawar sampai titik darah penghabisan, beli gelas 1/2 lusin jadi lebih mahal 250 perak aja ngga mau, padahal kan kagok yah? Ada juga konsumen yang dikasih panci presto harga 500 ribu ngga mau beli karena harganya kemurahan, takut jelek cenah. Ada yang dikasih harga pas, ditawar ngga kira-kira sampe di bawah harga modal, ada juga yang udah dimahalin bisi mau nawar, ternyata ngga nawar. Nah loh! Jadi bingung kan?

Langganan juga bodor-bodor da, ada satu ibu-ibu yang kalo belanja helmnya ngga pernah dilepas, padahal sama konde & kerudung teh udah tinggi, jadi di atas epalanya kaya ada kue tar susun 3. Ada ngko-ngko yang setiap belanja selalu bilang ," Sok cepetan! Saya buru-buru!" Jadi kalo ngeladangin dia, semua blingsatan.
Terus yang paling ajaib, ada satu ibu-ibu yang benar-benar serammm! Udah gendut, lebar pantatnya 2x lebar bahunya coba, terus keriting, galak, judes, pipinya tai lalatan besar berbulu, kumisan, jenggotan lagi! Beneran! Jenggotnya teh banyak, rada keriting lagi, ih! Geuleuh pisan! Pokonya cocok pisan buat jadi tokoh cewek seram di film Stephen Chow. Tapi anehnya, suaminya tinggi besar & cakep pula, rada-rada mirip Bucek Depp lah (geleng-geleng). Yah mungkin aja sebetulnya hati ibu itu baik pisan, kita kan ngga tau juga.
Tapi ibu itu gendutnya belum seberapa loh, ada yang saking gendutnya sampe pas duduk di kursi baso, kursinya pecah berkeping-keping. Serius! Si ibu kaget, saya juga kaget, untung ibu-ibunya ngga jantungan, kalo ngga bisa gawat tuh! Buru-buru saya kasih minum. Jadi rugi satu kursi baso jadi bs dan 1 gelas aqua, tapi ngga papa deh, masih untung si ibu ngga marah & nuntut toko saya kan?

Beberapa langganan ciri khasnya bener-bener dominan. Seperti si Teteh Pink, selalu pakai baju pink, sepatu pink, naik vario pink, pake helm pink, eye shadow, lipstick & kutex pink. Belinya juga milky box pink, tempat sendok pink, tempat sampah pink, dll yang warna pink. Pokonya kalau ngga ada warna pink, ngga akan jadi beli, dijamin!
Ada lagi si Ngko Kursi, da selalu beli kursi! Ada Bapa Ember, da selalu beli ember! Ada Aa gelas, ada juga Bapa Rumah Sakit (bagian pembelian rumah sakit maksudnya, kalo belanja juga datangnya pake ambulance," Asyik, bisa nerobos lampu beureum jadi gancang, Ci!" cenah), macem-macem deh pokonya.

Lain konsumen, lain lagi suppliernya, sebetulnya sih sales-nya ding. Ada sales yang bener-bener hobby ngobrol sampe kisah cinta dari pacar pertama sampai terakhir diceritain semua, ada sales dari Jakarta yang tiap datang minta ditraktir makan bakut dan ngajakin maen bulutangkis ( bukannya ngorder coba yah).

Ada satu sales nih, yang ngga pernah ngomong, cuma senyum-senyum doang, kalo dikasih kursi dia akan duduk dengan sopan, tapi suka pisan sama yang namanya anak kecil. Kalo Chris nongol, pasti diheureuyan pake saringan, pake serok, pake stoples sampe Chris ketawa-ketawa, da lucu atuh, orangnya teh botak, kalem lagi, tau-tau jingkrak-jingkrak pake saringan, cukil, atau apa lah. Kalo Chris masuk dia langsung nyimpen saringan di tempatnya, duduk, dan jadi kalem lagi. Sayang sales itu dimutasi ke luar kota, penggantinya mah sama sekali ngga bodor, cuman datang teh ngorder & nagih doang, ngomongnya juga soal blender, setrika dan kipas angin melulu (eh, da sales mah memang harusnya gitu yah?).

Dan yang ngga kalah bodornya teh karyawannya. Yang satu orang Garut tulen, tapi kalo ngomong logatnya suka macem-macem. Dia ngaku orang Jawa, dipercaya. Ngaku orang padang,dipercaya. Ngaku orang betawi dipercaya tapi anehnya kalo ngaku orang Sunda ngga pada percaya, selalu dituduh bohong, kadang dia sampe bo hoat, salah sendiri!
Yang satu lagi orang Jawa, tapi terobsesi jadi orang sunda,, ngomongnya sunda melulu, walaupun logat jawanya masih medok, " Urang mahh te bheki lenca dha!" hobinya nyanyi-nyanyi lagu sunda lagi, aneh kan?

Ada lagi karyawan cowok duaan yang apet banget sampe sama karyawan lain dipanggil mamah & ayah. Dasar duaan itu teh kalo diledekin malah makin kaya orang hombreng, ih! Emang yang satu gayanya kaya bencong sih, tapi yang bencong teh justru si ayah, bukan si mamah, lieur! Sayang si mamah udah ga kerja lagi gara-gara sakit ambeien, tapi sampe sekarang yang satu lagi tetep dipanggil ayah sama karyawan yang lain.

Keuntungan lain punya toko alat rumah tangga, saya ngga perlu beli mainan anak-anak , soalnya di mata Chris yang baru berumur 2 tahun, toko ini bagaikan rumah mainan raksasa. Coba bayangkan, ada begitu banyak stoples plastik buat main drum, ada begitu banyak container dan keranjang buat main mobil-mobilan,kesed buat tidur-tiduran, baskom, kemoceng, dan seabrek barang lucu lainnya kaya mutu, susuk, jepit jemuran, dan lain-lain. Belum lagi kursi-kursi aneka bentuk, warna dan ukuran, juga ember-ember, pispot, dan gayung-gayung, pokoknya asyik deh!
Yah, itulah sekelumit gambaran kehidupan di toko alat-alat rumah tangga, menarik dan lucu bukan? Jadi, berkunjung yah! :)

NB: Semua kisah dan tokoh dalam cerita ini adalah nyata dan bukan karangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar