Rabu, 23 Juni 2010

Having Kids, What Does It Feels Like?

Tulisan ini saya dedikasikan buat mereka yang sudah jadi ortu maupun mereka yang masih single atau pun mereka yang masih mikir-mikir mau punya anak apa ngga, isinya juga sederhana & mungkin semua orang juga udah tau, tapi kalo ngga dibahas, kadang2 kita ngga pernah mikirin hal ini dan menjalani nya hanya sebagai bagian dari hidup ini aja.

Saya akan mencoba ngebahas secara objektif & apa adanya, sesuai yang saya alami, tanpa bermaksud menilai, menyalahkan atau membenarkan apapun atau siapa pun, ok?

Pertama-tama mari kita bahas ngga enaknya punya anak

1.Yang jelas ngabisin biaya
- Biaya dokter kandungan & vitamin selama 9 bulan kehamilan, belon lagi kalo ada masalah & perlu penanganan khusus
- Biaya persalinan, apalagi kalo harus caesar (biayanya 3x normal bo!)
- Biaya perawatan selama sekian puluh tahun, mulai dari susu, pampers, baju, makanan, maenan, dokter, imunisasi, asuransi, uang jajan, uang sekolah sekolah, sampe ntar kuliah, belom kalo minta beli motor, komputer, laptop, dll.
- Biaya2 lainnya kaya nerusin sekolah ke luar negeri, biaya married, buka usaha, dll (syukur2 kalo dia bisa mandiri & mau usaha sendiri buat menuhin kebutuhan sendiri buat married, usaha dll, kaya gua gitu loh, wakwakwakwak)

2.Ngabisin tenaga & pikiran (apalagi tanpa suster & orang tua yang bantuin kita)
- Penderitaan selama hamil, keram kaki, mual-mual, muntah, sakit badan, dan lain-lain.(Walaupun sebenernya banyak nikmat & happy nya juga sih hamil itu :) )
- Penderitaan dan kesakitan selama melahirkan, jam-jam tak berujung saat menunggu kontraksi dan pembukaan, perjuangan mengejan (kalau melahirkan normal), atau proses penyembuhan yang lama dan menyakitkan (kalau caesar).
- Kurang tidur & capenya ngurus bayi baru lahir, belom lagi kalo sakit, jadi tambah rewel. Coba yah, boro-boro makan, mau pipis/boker aja harus nunggu si anak tidur, kalo ngga tahan, terpaksa dibawa deh, hahaha, tapi serius loh gua ngalamin sama kedua anak gua.
- Bolak-balik dokter, yang imunisasi, yang panas, yang batuk-pilek, dll
- Rada gedean dikit, berkutat cari & bikin makanan terbaik buat si anak, yah variasinya, yah gizinya, yah ngolahnya.
- Terus nuntun anak belajar jalan tuh sampe sakit pinggang si anak ngga mau berenti ngajak ke sana kemari, pas udah bisa jalan juga harus dituturin ke mana-mana sampe kita ngga bisa ngapa-ngapain, apalagi kalo di mall atau restaurant, makan kudu gantian sama suami, cepet-cepet pula, pokonya ngga enjoy deh, boro-boro bisa ngobrol atau jalan-jalan santai, pokonya makan, beli apa yang perlu, trus pulang!
- Ngga pernah punya waktu buat berduaan sama suami, jangankan keluar, di rumah aja, mau make love aja susahnya setengah mati nyari tempat, waktu & tenaga, tidur aja pisah ranjang tuh, gua sama anak yang kecil, suami sama anak yang gede, kasian yah gua?
- Ngga punya waktu buat diri sendiri, hang out sama temen-temen, dll.
- Udah gedean lagi, pusing sama nakalnya, berantem kakak-adik setiap hari kaya anjing sama kucing.
- Di sekolah, masalah sama temen, gua & suami ampir setiap minggu dipanggil ibu guru.
- Ntar gedean lagi, mikirin pergaulan, takut kepengaruh narkoba, free sex, dll, apalagi kalo anaknya cewe yah? Sekarang aja anak gua yang 10 taun udah tau-tau mau pergi ke IP, udah janjian sama temennya mau maen ke Game Master katanya, WAKKK! Gila apa?! Ngga gua kasih tuh! Manyunlah dia...
- Bingung mutusin yang terbaik buat si anak dalam setiap masalah atau kejadian, takut salah langkah, takut akibat jangka panjangnya ga bener.
- Nanti lebih gede lagi, mulai mikirin jodoh si anak, ga dapet-dapet pacar bingung, kebanyakan pacar juga bingung
- Kalo udah married, mikirin masa depan si anak, kerjaan, usaha, dll sampe si anak bisa mapan & mandiri
- Kalo udah mapan, giliran mikirin cucuuuuu.... Pokonya ngga abis-abis deh capenya
(3 point terakhir sih curhat-an dari si mamah,maklum gua belom ngalamin sampe ke sana, tapi udah rada kebayang sih, hehehe)

Nahhhh, sekarang kita bahas apa yang kita dapetin saat kita punya anak, hal-hal yang tadinya mungkin ngga pernah kepikir sama gua

1.Setelah punya anak, gua jadi lebih ngerti tentang Tuhan
Kebayang deh kenapa Tuhan menyebut diri-Nya Bapa, karena kita aja yang manusia begitu mengasihi & rela berkorban buat anak kita, senakal apapun dia, kadang bikin kita kesel setengah mati pun, kita tetep sayang, apalagi Tuhan, betapa sempurnanya kasih-Nya buat kita anak-anak-Nya. Mungkin saat kita frustasi karena anak-anak kita bandel & selalu mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama, mungkin perasaan Tuhan juga sama saat ngeliat kita ngelakuin dosa-dosa yang sama setiap hari yah?
Saat kita ngeliat wajah anak-anak kita yang tertidur dengan damai, kayanya semarah apapun kita sorenya sama dia, semua menghilang waktu kita lihat wajah tidurnya dia, apalagi kalo pipinya cemong karena abis nangis setelah dimarahin sama kita, ngga bisa deh kita tetap marah sama dia, kadang malah kita nyesel udah marah-marah sama dia. Mungkin gitu juga perasaan Tuhan setelah "menghajar" kita dengan pengalaman ngga enak karena kesalahan kita yah?
Terus yang paling dahsyat, kebayang ngga sih gimana perasaan Tuhan harus ngorbanin Yesus, anak kesayanganNya, buat nolongin kita2 yang begitu jahat & bebal terhadap Dia? Gua balikin, mau ngga gua ngorbanin anak gua buat nolongin orang yang nyebelin & selalu nyakitin gua? Ma kasih deh! Kalo anak sakit aja, rasanya gua lebih sakit, kalo bisa gua aja deh yang sakit jangan dia, ini harus ngeliat anak disiska sampe mati? Gua udah mati duluan dehhh, amit-amitttt!!!

2.Gua jadi lebih paham & sayang sama orang tua gua
Karena mereka teh udah duluan ngalamin sama gua apa yang gua sekarang alamin sama anak-anak gua.
Dan dalam banyak kesempatan gua ngeliat & ngerti apa yang mereka maksudkan buat kebaikan gua walaupun dulu rasanya ngga enak buat gua. Sama kan, kadang kita harus bikin si anak ngerasain yang ngga enak dalam rangka menyembuhkan, mendisiplinkan, membentuk karakter dia buat masa depan dia. Kalo dulu ortu melakukan atau memberikan yang baik buat kita, gua ngerasa itu udah seharusnya & take it for granted, kalo mereka melakukan kesalahan atau menyakiti kita, gua ngerasa mereka ngga baik atau bahkan ngga sayang sama gua. Tapi sekarang, gua tau ngga ada satu hal pun yang seorang ibu/ayah lakuin dengan tanpa maksud baik di dalamnya. Salah? Mungkin mereka bisa salah, sama seperti kita juga bisa salah, tapi ngga pernah dengan maksud buruk, I'm very sure of that!
Dalam banyak hal gua menyesal atas perbuatan gua ke mereka, dan kalo bisa sekarang juga gua lagi coba tebus dikit-dikit, hehehe

3.Gua belajar apa artinya memaafkan dan tanpa dendam
Anak-anak gua tuh selalu berantem kaya anjing sama kucing, tapi saat yang satu ngga ada, yang laen selalu nyariin, aneh kan? Dan saat mereka bertengkar hebat sampai sampai terjadi pertumpahan air mata, setelah dimarahin sama papa-mamanya, dll, bisa-bisa 5 menit kemudian mereka udah baekan & maen bareng lagi, atau berbagi kue sama-sama.
Ada satu kejadian yang berkesan banget buat gua. Suatu hari suamiku marahin anakku yang besar gara-gara maunya makan indomie terus. Tau-tau adiknya berlari nyamperin papanya dan berkata ,"Papa! Ngga boleh gitu! Ngga boleh jahat sama Koko tau! Ihhh, Papa teh gitu sihhh....", padahal anakku itu baru 2,5 taun loh. Yah pengen ketawa, yah ngga nyangka juga, akhirnya kita kasih pengertian kalo papanya tuh bukannya jahat, tapi kokonya ngga boleh makan indomie terus karena ngga sehat.

4.Gua selalu dapetin surprise2 yang ngga terduga
Contohnya waktu Valentine's Day, pulang sekolah anak gua yang besar tau-tau ngasih sekuntum bunga mawar warna pink sama nyium pipi gua sambil bilang "Happy Valentine's Day Memah, Keko sukaaaaaa pisan sama Memah" (emang dia nyebut gua tuh memah ngga tau kenapa), gua sampe speechless da terharu & ngga nyangka, soalnya di tuh cuman gua kasih duit 5000 tiap hari buat makan, dan pas gua tanya tuh bunga harganya 5000, jadi hari itu dia ngga makan biar bisa beliin gua bunga, hik...hik.... sooo sweet...

5.Gua selalu ngerasa disayang & dapet penghiburan
Di saat-saat gua down, ada masalah, atau cape, bener-bener cape, gua selalu dapetin penghiburan di anak-anak gua, saat gua sakit, pasti anak2 akan nanya ,"Mamah sakit yah?" Sekedar itu pun udah sangat menyegarkan, apalagi kalo mereka udah ngomong ,"So atuh mamah bobo biar cepet sembuh."
Saat gua ngga sengaja nendang meja & teriak-teriak kesakitan, si kecil akan ngusap-ngusap jempol gua yang sakit, bahkan papanya pun ngga boleh ngeliat jempol gua, lucu kan gaya protektifnya?
Saat maen gelut-gelutan rame-rame & suamiku tiba2 nimpa gua atau ngilikitik sampe gua jejeritan, si kecil akan ngamuk & menerjang papanya sambil teriak-teriak, coba yah, rasanya seperti princess dibelain sama knight in shining armor, kasian papanya yang kebagian jadi naganya, hihihi... Mungkin karena anakku cowok semua jadi lebih deket sama mamanya yah? Kalo anak cewek katanya lebih deket sama papanya? Tapi kan kalo udah gede justru anak cewe yang bisa dijadiin temen curhat & belanja bareng yahhh? Yah masing-masing ada plus minusnya deh, belajar bersyukur aja sama Tuhan dikasih rejekinya apa, yang penting sehat & jadi orang baik yah? Aminnnn
Saat suamiku lagi keluar kota, anakku yang gede biasanya secara sukarela akan nemenin gua jaga toko seharian, sampe makan & peer pun dia bawa ke toko :) Kadang-kadang pas jam makan siang tau-tau dia akan bawain 2 piring nasi sama lauk-pauknya buat papa sama mamanya di toko.
Bahkan saat lagi ribut sama suami atau ada masalah berat yang rasanya udah hopeless banget, anak-anak selalu jadi penghiburan & alasan buat gua tetap bertahan & tetap waras, hehehe

6.Gua belajar buat lebih bertanggung jawab & ngga egois
Ya atas anak-anak gua, juga atas perbuatan & keputusan gua sendiri, karena sekarang kan bukan cuman diri gua sendiri aja yang kepengaruh, apa pun keputusan & langkah yang gua ambil dalam menghadapi kehidupan ini akan berpengaruh sama mereka. Mulai dari hal-hal kecil kaya disiplin waktu, sampe hal-hal besar kaya ngatur keuangan, semua harus lebih bijaksana.

7.Gua bisa bercermin & dapat feedback dari kelakuan gua dari reaksi anak2 gua
Anak gua yang kecil tuh tidurnya susah banget, tiap malem paling cepet jam 11 dia baru tidur, mama nya udah lemes & tepar, biasanya akhirnya bawaannya jadi marah-marah deh. Suatu malam pas gua suruh dia tidur, gua ikut baringan di sebelah dia, dia tau-tau bilang ,"Mama, ayo bobo! Kalo ngga mau bobo kis mau keluar aja maen sama papa, ngga mau temenin!" Gayanya persiissss banget kaya gua kalo nyuruh dia tidur, wakakakaka, gua sampe bingung deh mau ketawa atau mau ngejitak tuh anak.
Terus kerasa juga saat gua lagi mood nya bagus & suka bercanda, anak-anak jadi pada nempel kaya perangko, kalo gua naek ke rumah pas jam toko juga, satu-satu rebutan pada melukin gua, tapi saat gua lagi suka marah-marah atau lagi pusing, mereka juga jaga jarak tuh! Jadi gua punya barometer buat ngukur kadar emosi & mood gua biar ngga kebablasan kan?

Yah itu lah sekilas sharing tentang suka duka nya punya anak-anak, tapi all in all, anak-anak tuh emang berkat yang harus kita syukuri, & juga titipan Tuhan yang harus kita pertanggung jawabkan karena kita udah dikasih kepercayaan :)
GBU all....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar